Rabu, 30 Desember 2009

Pesona Pasar Terapung Kalimantan Selatan


Pasar Terapung Lok Baintan
Oleh:Arief Rachman Heriansyah

Subuh manggantang dingin mahadang
Jukung-jukung mangalunyur badatangan
Buahan nini-nini sambil bataguran
Kurihing tahias di muntung sidin barataan

Saban hari gawian di atas pajukungan
Manawarakan barang dagangan
Pakulihnya gasan panghidupan
Sayur mayur dijajaakan

Sasak urangnya kada mahalang
Uyuh awak kada dihirauakan
Umai raminya pasar tarapung
Lok Baintan sungai Martapura

Galumbang sungai karuh nang kaya malawanankan
Kada tarasa harinya pina siang
Jukung-jukung sudah mulai bulikan
Payu dagangan puas dirasaakan

Mangayuh jukung bulik ka batang
Wayah hini matan kaganangan
Tumatan anum sampai katuha
Pasar Tarapung manganak daging panghidupan

Umur tuha kulit ringkih mamucat
Isuk hari pina tabayang
Dagangan labih payu mamuasakan

Banjarbaru,20 April 2009




            Ehem,sedikit narsis nich….puisi di atas pernah dimuat di Banjarmasin Post lohh….Ngga’ nyangka juga. Pada kali ini saya akan membahas tentang pesona Pasar Terapung yang terletak di daerah Kec Kuin Kalimantan Selatan,let’s go!

            Pernah nggak terbayang ada para penjual atau pembeli berlokasi di atas air,udah tidak aneh lagi khan? Tapi ini ceritanya di atas perahu! Atau orang banjar seringnya nyebut jukung atau kelotok.Lokasinya tentu saja di sungai. Di Pasar Terapung ini bukan sayur mayur atau buah-buahn saja  dijajakan,tap juga aneka kue-kue banyak juga yang dijual disini.Apa lagi kue asli dari Kal-Sel.Ehmm…..enak pokoknya.
            Cara ngambil kuenya juga unik.Yakni memakai tongkat kayu (jejuluk) yang di ujungnya menancap paku panjang.Tinggal ditancapkan ke kue yang mau dibeli trus langsung dimakan deh,he..he…

            Dan yang paling penting,nggak mesti orang yang berkantong tebal saja bisa ke sini,kita orang sederhana juga bisa kok.Karena semua barang yang dijual disini dijamin murah meriah!!! Wuahh…nggak percaya? Datangin aja….



            Dan yang musti diingat kalau kamu mau bertandang ke Pasar Terapung ini sekitar jam delapan,uh udah mulai sepi….Pasar Terapung ini ramenya cuman mulai jam 6 subuh sampai jam 7.What’s….kok cepet bener tutupnya? Yoi karena Pasar Terapung ini lakunya cepat sekali,apalagi kalau yang datang dari daerah Kalimantan,bisa ketagihan donk belinya.

            Anyway,kalau kamu dari daerah luar Kal-sel,nggak ada salahnya loh datang ke Pasar Terapung ini.Selain pasarnya unik dan tentunya bikin kangen untuk datang kesini lagi.Dan jangan lupa juga donk mampir ke Pesantren saya di Banjarbaru,he..he..Ditunggu yaa!!


 Palangkaraya,31 desember 2009
By:Arief Rachman Heriansyah

26 komentar:

Qori mengatakan...

pertamaxxx....

Ane malas banget nih kepasar, soalnya gak tertata dengan rapi...

Pasar terapung udah kayak diujung tanduk, dimakan oleh pasar darat-dan pasar besar kayak mall itu.

P.s: Agung protes, loe kok gak sering aktif katanya.

Eh nih nblog baru ane http://qori-reader.blogspot.com

M Mursyid PW mengatakan...

Met menyambut tahun 2010.
Semakin semangat meramaikan dunia dengan hal2 positif.
Salam dari Pekalongan.

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

@Qori:Makacih atas masukannya Kak,tapi Pasar Terapung masih banyak yg sayang lohh....

@Bpk Mursyid:sama2 Pak!!! ^_^
Moga makin eksis nge-blognya

attayaya mengatakan...

dari dulu kepengen ke kalimantan
kemudian liat pasar terapung ini
mo liat kampung kakek di pontianak

met taon baru
semoga tahun depan lebih baik

m4hr4n1 mengatakan...

hahahah keren pasar ter apaung ter apung di laut ya m,aksud nya ahahahah

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

@Attayaya:Bener.....Mas kudu harus ke sini liat pasarnya

@Maharani:Keren tarus haa...

Edelweis mengatakan...

Hmmm, jadi pengen ke sana (Pasar Terapung)!!
Kalo udh mampir ke Psntren qm, ntr dapat apa???hue,,

ROSMANA APOLLA PUTERA mengatakan...

Yah... Kok ke pasar terapung gak bilang-bilang... Padahal rumah saya dekat situ lho... Kalau liburan saya sering kesana subuh-subuh jalan kaki, baru nyewa kelotok jalan-jalan ke pasar terapung sekaligus Pulau Kembang... Hehehe...

iyoong mengatakan...

Seandainya saja pasar terapung bisa bka sampe siang,, biar aku bisa beli di sana.... bangun kesiangan melulu sih.. payah hee..

nice posting Gan ! ;)

Ahmad El Habash mengatakan...

Dari dulu mah...emank jamanx pasar terapung!.Tapi sekarang ga lagi...!!!
Khan memasuki 2010 pasti rata2 menghabiskanx ke mall ato PULKAMP!!!

EXPERIMENS RONY mengatakan...

selamat tahun baru 2010, semoga kita bisa merubah kebiasan buruk kita di tahun yang lalu....

EXPERIMENS RONY mengatakan...

kayaknya gue males juga ke pasar terapung soalnya jauh banget, dari rumah gue.....

Zian X-Fly mengatakan...

Ram lah Palangka?

bana-GANGSTER mengatakan...

wah HEBAT ...nenek tu berbaris kayak ,lomba pramuka ,aku kagu ...m

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

@Edelwis:Klau mampir k'pesantren Q tentu dpet senyum aku,he..he..

@Rosmana:Nanti dh saya jabanin...

@Iyoong:Pasangin ajha jam weker yang keras bunyinya aga Mas Iyong bisa bangun shubuh to....! ^_^

@El habash:Nggak semua orang kok yang ngelupain pasar terapung ini.

@Ronyta:Selamat tahun bru juga...
Tapi kayaknya jauhan rumahku dech...

@ZianX-Fly:Rame bnar!!!!!!!!!!

@Bana-GANGSTER:Bukan kayak pramuka,tapi kayak balapan sepeda onta,ho...ho...

lafaridlun mengatakan...

uy

agung aritanto mengatakan...

jakanya di tata bujur-bujur Tay ai


pasar terapung ni bisa lebih

bagus pada kota air Venesia

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

@Lafaridlun:Itu jha kc?

@Agung Aritanto:whihh...hebat!

Aq ajha ngga' tau tuh Venesia...

rony danuarta mengatakan...

yang ke 19 mbak,,,,

eh, salah yang ke 19 mas....

Ide Gokil mengatakan...

wah kayaknya asik tuh bisa blanja dipasar terapung.jadi pengen ksana...

mandor tempe mengatakan...

Meliaht foto-foto yang terpampang itu kok rasanya saya jadi pengen ke sana. Menikmati suasana pasar perahu itu, betapa indahnya Kalimantan.

AZAI mengatakan...

tanaaaaang.............kaena kesana marasai

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

@Ronyta:Terserah lu mau yang keberpa kek,mank Gw pkirin!!! :-(

@Ide gokil:Ditunggu loh....

@Mandor tempe:Yupz,Borneo emank indah,kok ^_^

@AZAI:Nie orang akhirnya hidup juga,he..he..

bayuputrabio mengatakan...

waw pasar terapung...jadi kangen sama pasar terapu...semangat selalu.

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

@bayuputrabio:Oke Bos!!! ^_^

shafrida mengatakan...

rumah ku dekat pasar terapung yang di daerah kuin itu. tapi baru 1 kali sih kesitu.