Senin, 04 Desember 2017

Dengan Traveloka, Rasakan Kemudahan Hidupmu Lebih Istimewa

Dengan Traveloka, Rasakan Kemudahan Hidupmu Lebih Istimewa



Dulu, ketika aku kecil belum pernah terbayangkan bisa merasakan kerennya naik pesawat. Karena aku berasal dari desa yang lumayan jauh dari ibu kota provinsi tempatku berada, sekitar 4-5 jam. Bisa menaiki mobil saja rasanya sudah sangat ‘wah’ di benakku. Dan rezeki itu akhirnya sampai ketika aku berkesempatan mewakili provinsiku di lomba cipta puisi antar Pesantren di Surabaya, itu lah pengalaman pertamaku bisa merasakan berada di pesawat, mengudara di langit yang indah. Sampai setelah itu di tahun berikutnya aku bisa merasakan transportasi udara ini hanya di rezeki lomba-lomba yang kebanyakan berhubungan dengan minatku di bidang sastra.
Kehidupan pun berjalan, setelah 7 tahun lamanya aku nyantri di pesantren akhirnya aku bisa merasakan status baru sebagai mahasiswa, masih di ibu kota provinsi yang sama, Banjarmasin tempatnya. Di sini aku kembali berproses hampir 5 tahun lamanya kuliah sambil berorganisasi. Namun ketika hampir lulus S1 ini, impian lama ketika di pesantren dulu ingin sekali kuliah di Jogja tiba-tiba muncul begitu saja. Hingga niat ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 itu semakin bulat.
Kisahku dengan Traveloka dimulai di sini. Pada pertengahan tahun 2016 itulah prosesku kembali dimulai. Hidup memang tiada habisnya ketika kita berani berproses, yang awalnya menurutku tes masuk kuliah itu mudah seperti biasa ternyata itu salah besar. Pada test pertama aku gagal mendapat tes kelulusan! Saat itu aku sangat shock dan kecewa terhadap diri sendiri karena menganggap tes itu begitu enteng, padahal di kenyataannya soal-soal essay (terlebih soal bahasa Inggris) begitu membuat konsentrasiku buyar. Saat impianku melanjutkan S2 di tanah Jawa hampir pupus, semangat orang tua membuatku kembali membara, aku diperbolehkan mengikuti tes  gelombang kedua! Namun dengan catatan urusan keberangkatan kembali ke Jogjakarta diurus sendiri dan aku harus merelakan motorku dijual saat itu. Nah, kebetulan ketika mau mengurus administrasi tes gelombang ke-2 aku ditemani beberapa teman yang juga ingin melanjutkan studi di sana. Saat membayar biaya pendaftaran registrasi di Bank mereka pada bertanya,
“Kamu sudah mesan tiket pesawat gak?”
Eh, Belum”, dan aku baru sadar bahwa urusan administrasi keberangkatan pun tidak diuruskan oleh orang tua lagi seperti tes gelombang pertama 1 bulan yang lalu. Kekuranganku adalah sama sekali belum pernah mengurus keberangkatan pesawat selama ini.
“Kalian ngurus tiket di mana?”
Dan setelah itu aku tau mereka semua memesan tiket pesawat lewat aplikasi Traveloka. Sebenarnya aku tidak begitu asing dengan aplikasi ini karena sering melihat iklannya di televisi maupun lewat percakapan teman-teman yang rajin menggunakannya untuk mempermudah segala akses. Namun anehnya aku belum memiliki aplikasi ini di HP androidku dikarenakan tidak sementer teman-teman lainnya yang sering berpergian naik pesawat, berbeda jauh denganku yang hanya beberapa kali dan itupun diurus bersih tiket keberangkatannya oleh pihak lain.
Beberapa menit setelah mengurus pembayaran tes ulang masuk kuliah itu aplikasi Traveloka ini sudah bertengger manis di Hp-ku. Ternyata cara menggunakannya tidak sesulit yang aku bayangkan, tepat seminggu sebelum keberangkatanku kembali ke Jogja untuk tes, tiket pesawat berhasil aku pesan bersama rekanku yang lain, sangat sederhana dan mudah! Ketika pertama kali transaksi di aplikasi Traveloka ini cukup memberikan kesan bermakna di benakku, karena bisa secepat kilat mendapatkan tiket pesawat di jaman yang serba canggih seperti ini. Mulai saat itu lah aku mempercayakan segala urusan keberangkatanku menaiki pesawat hanya dengan aplikasi Traveloka. Aplikasi yang sangat modern dan pas hadirnya di tengah-tengah masyarakat yang sangat membutuhkan segala urusan menjadi tidak ribet dan menjadi simpel. Di aplikasi Traveloka pesawat, kita bisa mendapatkan tawaran fitur harga terbaik dari yang sangat terjangkau, pas dengan keadaan kantong mahasiswa sepertiku yang ingin pulang ke Kalimantan melepas rindu dengan keluarga. Keunikan lainnya, Traveloka bisa 30 hari mengembalikan jaminan dan mudah menjadwal ulang apabila kita mau mengubah jadwal penerbangan. Selain itu, di HP kita akan tertera pengingat penerbangan ketika mendekati hari-H, tentunya saat kita mau flight tak perlu ribet lagi membawa kertas tiket seperti jaman old, cukup hanya menunjukan layar HP mu saja kepada petugas! Sangat keren bukan? Karena ketika kita telah berhasil memesan tiket pesawat di Traveloka, tidak berapa lama E-Tiket juga kita dapatkan dengan cepat. Rules ini lah yang membuat aku dan teman-teman yang juga pelanggan Traveloka merasa nyaman dan sangat terbantu.
Pernah suatu ketika aku mau berpaling dari Traveloka, saat itu ceritanya ketika ada pesan asing masuk di BBM –ku. Isinya yang menyatakan bahwa ada promo besar tiket pesawat. Karena waktu itu kebetulan aku ada keperluan pulkam karena acara penting keluarga, akhirnya aku pesan lah tiket itu bersama dengan seorang teman yang ingin juga pulkam ke Kalimantan. Dan setelah mentransfer uang tiket masih belum ada tanda-tanda sesuatu yang buruk terjadi, namun ketika hari-H saat aku dan temanku di bandara dan siap-siap registrasi di petugas boardingpass ternyata tiket kami tidak terbaca! Aku langsung menghubungi agen travel waktu memesan tiket kami dulu namun ternyata aku semakin sadar kalau kontakku semuanya diblock oleh dia! My God…Sempat panik dan bingung dalam keadaan gusar itu kami disarankan petugas untuk menuju loket resmi di luar pintu masuk tadi, nah saat sampai di loket tersebut kami betul-betul merasa lemas karena mendapat kepastian dari mas petugasnya bahwa tiket kami ternyata tiket palsu.
Berkat kejadian yang sangat tidak mengenakkan tempo itu membuatku jera mempercayakan urusan tiket pesawat kepada agen manapun, terlebih orang abal-abal yang mengatasnamakan dirinya agen travel resmi. Aku lebih belajar berhati-hati dalam bertindak, apalagi di tempat perantauan seperti ini yang mana sangat jauh dari lingkungan keluarga di pulau seberang sana. Kemandirian menuntutku untuk benar-benar percaya kepada yang sudah terbukti kinerja nyatanya. Ya, hanya di Traveloka kupercayakan sepenuhnya keperluan tiket pesawatku sampai sekarang gengs.. setelah pengalaman pahit itu aku jadi lebih bersyukur dan cinta terhadap aplikasi ini, karena semakin banyak tawaran fitur menariknya sesuai orang banyak butuhkan seperti tiket kereta, pulsa/paket internet, pemesanan hotel, info tempat rekreasi menarik dan info-info lainnya. Bahkan dengan diskon point yang sudah kita kumpulkan selama ini bisa kita gunakan pada waktunya.
Tidak terasa sudah hampir 2 tahun aku menetap di Jogjakarta, kota yang memberikan berjuta warna dan kesan yang indah bagi setiap orang yang pernah mencicipi keindahan suasananya. Setelah tesis dan gelar master berhasil aku dapatkan nanti, tentunya aku akan kembali pulang ke tempat asalku untuk mengabdi di sana atas ilmu-ilmu dan pengalaman berharga yang telah aku dapatkan di sini. Tentunya perjalanan hebatku selama ini juga berkat aplikasi Traveloka. Terimakasih Traveloka…kemudahanmu sangat membantu prosesku di sini. Semoga ketika ku sudah sukses nanti aku semakin sering mengudara bersamamu! 

Dengan Traveloka, Rasakan Kemudahan Hidupmu Lebih Istimewa


Yogyakarta,

3 Desember 2017

Tidak ada komentar: