Sabtu, 10 Maret 2012

Setelah Lulus Dari Pesantren...

 Aku tak begitu berharap banyak pengen melanjutkan kuliah di jurusan yang sesuai dengan minat & bakat yang aku milikin. Walhasil, saat aku ikut seleksi masuk kuliah penjaringan santri berprestasi (saat itu aku ngambilnya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), aku pun TIDAK LULUS telak! Huahahahaha..... Berarti emang bukan rezeki aku untuk kuliah di luar daerah, oh Banjarmasin... aku akan tetap menempati tubuhmu. :-P
Setelah itu aku mencoba ikut SNMPTN dan SMUT di Universitas tertinggi di Kalimantan-Selatan. Dan eng, ing, eng,,, lagi-lagi aku TIDAK LULUS! (-_-")... Padahal jurusan yang aku pilih sangat pas dengan minatku selama ini (eku banget..), Wah ternyata memang berat anak lulusan kitab kuning kayak aku gini pengen kuliah di jurusan umum, akhirnya aku pun memilih jalan terakhir yakni kulian di IAIN Antasari Banjarmasin.

Di IAIN aku ngambil jurusan PAI Fakultas Tarbiyah, yang sesuai cita-citaku dulu pengen jadi Guru, well... walaupun cita-citaku sekarang pengennya sih jadi ahli Psikolog,, weww... Tapi ya namanya hidup di unjut  ya aku nggak bisa ngarep kalau masuk di jurusan Psikologi di Kalsel ini, yang jelas aku jalanin yang udah di hadapan mata aja. :-D 

Seperti biasa, saat awal-awal diterima di kampus hijau ini (sebutan akrab untuk IAIN), ya pastilah aku sebagaia mahasiswa baru yang O'on dan cupu ini harus mengikuti rangkaian Ospek selama 2 kali (satu kali sebelum liburan puasa, dan di lanjutkan dengan Ospek Fakultas sesudah libur ramadhan), oh no!.. Dibayangku sangat jelas bakalan rasa capek & lelah akan menyerangku, jujur sih kalau takut disiksa atau dikerjain ma panitia Ospek bukan bayangan yang menakutkan, karena aku sudah sangat sering mengikuti hal-hal yang begituan selama nyantri di Pondok dulu, jadi aku menikmati saja semua omelan panitia Ospek dan saat aku kena hukuman karena gak pelontosin kepalaku (waktu itu peserta pria wajib gundul semi), dan aku paling benci jika rambut kesayanganku ini dipelontosin kayak ghitu.. huahahaha! Tapi pada akhirnya ya aku gundulin semi aja, walaupun dalam hati aku teriak (tidaaaakkkkkk), huhuhu... selamat tinggal rambut kesayanganku yang sangat mirip dengan rambut Brad Pitt *ngarep*

Ternyata saat memasuki awal-awal bangku perkuliahan aku cukup menikmati dengan semua pelajaran dari Dosen serta teman-teman baru yang begitu buaaanyakk *asseek*. Di kelasku orangnya berjumlah 42 orang (yang mana itu menurutku sangat banyak), tapi tak apalah.. yang membuat aku lebih senang tentu jumlah mahasiswa ceweknya lebih membludak di lokal ini, jadi akulah cowok terganteng di lokal ini!! muwahaha.. *lagi-lagi ngarep* Tapi aku bersyukur, saat diskusi makalah kelompok aku bisa menggunakan kemampuan skill bicaraku dengan audiens kar'na teringat jaman nyantri dulu, kalau skill bicaraku sudah cukup terlatih karena sering megang mikropon di hadapan orang banyak saat berlangsung acara keislaman atau di acara non formal lainnya. hehehe....
Di pesantren dulu, aku paling suka berorganisasi. Nah kayaknya sangat tepat di kampus hijau ini aku ikut yang kayak ghitu-ghituan.. Walhasil kurang lebihnya ada 5 (lima) kegiatan eksternal ataupun internal yang aku ikuti masih aktif sampai saat ini.

1. HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), konon organisasi mahasiswa islam ini tersebar ke seluruh Indonesia, dan termasuk himpunan mahasiswa tertua! Ini adalah satu-satunya kegiatan eksternal kampus yang aku ikuti, cukup menyenangkan. Karena orang-orang di himpunan ini pada baik-baik, ramah, dan tentunya memiliki massa yang sangat banyak (lebih tepatnya terbanyak dari organisasi eksternal yang ada di kampus ini). Eh, di sini aku menjabat sebagai Wakil Ketua angkatan 2011/2011. Yang mana saat pemilihan aku dicalonkan menjadi Ketuanya, namun aku menolak secara halus karena ada kesibukan di lain yang lebih penting. :)

2, FOSMA (Forum Sillaturrahmi Mahasiswa), bermula dari teman satu kost-ku yang dia kakak angkatan beda setahun, dia yang memperkenalkan aku sama organisasi besar bimbingan BEM Institut ini. Awalnya aku bingung dan ingin menolak karena tak ada ketertarikan sama-sekali, bingung nanti apa kinerjanya di organisasi ini. Tapi setelah di meyakinkan dengan sangat pasti kayak salesmen *hahaha* Aku manut juga deh, walhasil aku harus mengikuti Workshop penerimaan di hutan Mandiangin, dan... Oh My God! Aku kira kayak gimana, dan inilah ternyata Ospek kampus sesunggunnya, badanku kena damprat semua sampai ke urat-urat. Walhasil saat workshop selesai dan aku kembali pulang ke kost ku di Banjarmasin,, selama 2 (dua) hari itu aku gak bisa masang kancing kemeja dan memasang tas di punggungku *saking nyerinya tangan ini*, dan selama itu aku harus minta bantuan dengan teman satu kost-ku yang nyebelin itu, dan kakiku juga kena dampaknya, berjalan di kampus seperti orang pincang *huehehe*. Tapi banyak pelajaran yang dapat aku petik di sini, kebersamaan kami sebagai anggota baru jadi sangat akrab, dan Kakak2 panitia yang selama workshop sangat galak berubah jadi sangat manis dan baik setelah workshop itu berlalu. Ternyata memang dari konsep awal begitu, untuk menumbuhkan rasa di antara semua anggota agar rasa saling memiliki satu sama lain. Di sini aku menjabat sebagai Wakil Ketua Umum. ;)

3. Sanggar Bahana Antasari (SBA), nah ini dia.. satu-satunya UKMK Kampus yang paling aku inginin masuk dari awal Ospek sebelum liburan ramadhan dulu.. *assek* Awalnya aku tau, kalau masuk Sanggar Bahana ini gak mesti sembarang orang masuk ke sana, kar'na kata orang-orang di kampus ini, masuk Sanggar Bahana mesti melalui rangkaian-rangkaian Workshop yang sangat mengerikan...! Secara sanggar Institut ghitu lohh...Karena aku udah ada pengalaman workshop di Fosma kemaren, dan memang bawaanku sejak kecil dulu sangat mencintai kesenian, walhasil aku tetap keukeh dengan pendirianku ingin masuk ke sanggar ini, apalagi nanti kebayang jika aku akan mengasah bakat seniku terutama di bidang Sastra, Teater, Musik dan Tari Daerah. Menunggu pendaftaran di buka, sungguh lama tenggang waktunya, dan aku harus bersabar waktu itu sampai akhir tahun 2011 pendaftaran sanggar bahana itu. Dan jadilah aku harus melalui 4 (empat) rangkaian kegiatan untuk lulus menjadi anggota penuh sanggar, yakni: 1. Interview & Screning Test (acting) di tempat. 2. Praworshop selama tiga hari. 3. Workshop dan Latihan Alam di hutan Mandingin selama tiga hari. 4. dan Workshp kampus serta penentuan kelulusan selama 2 hari. Nah, banyak banget kan fase yang harus aku lalui? Dan aku menjalaninya denga sungguh-sungguh dan enjoy. Dan ternyata memang bener yang dikatakan orang-orang, ternyata mengerikan banget! tak bisa aku ceritain secara detail di sini karna pasti udah gak cukup satu halamam,  hahaha.. yang jelas aku menjalani aja semua siksaan dari kakak2 panitia terhadap kami para peserta baru, dan awalnya yang mendaftar sanggar bahana ini kurang lebih empat-puluhan orang, sampai Workshop kampus dan ketentuan Lulus sebagai anggota penuh hanya tercatat 19 (sembilan belas orang)! Well,, alhamdulillah aku dapat menjalani semua itu dengan sukses walaupun kulitku yang dulunya putih mulus menjadi agak gelap karena terlalu sering kena sinar matahari (dijemur) ;-(). Dan jadilah kami Angkatan 19, dengan jumlah peserta yang lulus 19, dan umur kami rata-rata 19. :)


"Arief Rahman Heriansyah"
(Photo ini saat sesudah mentas Musikalisasi Puisi d Musium Lambung Mangkurat, Kalsel)


 "Arief Rahman Heriansyah"
(Photo ini diambil pada tahun 2009, saat ziarah ke maqam Datu Pamulutan di Pulau Datu, Pelaihari)


"Arief Rahman Heriansyah"
(ni saat saya menjadi Nanang Banjar di Sidoarjo Jatim, saat pembukaan POSPENAS V tk. Nasional) 


 "Arief Rahman Heriansyah"
(Hayyo..tebak ini berphoto di mana??? hehehe.... di kamar ganti, hahaha)

 "Arief Rahman Heriansyah"
Ini di Student Center kampus saya (IAIN Antasari Bjm), memakai seragam kebangsaan SBA

 "Arief Rahman Heriansyah"
(Saat itulah angin menderu-deru menyampaikan pesannya, di sunset Pantai Batakan, Kalsel)

"Arief Rahman Heriansyah"
(Photo ini diambil saat saya liburan akhir pekan di Water Boom) 


 "Arief Rahman Heriansyah"
 (Moment yang tak bisa saya lupakan, ingin sekali kembali bertemu dengan mereka)

"Arief Rahman Heriansyah"
(Waktu mengisi acara Launching 2 buku puisi karya Kalsum Belqis, S.Sn)

  "Arief Rahman Heriansyah"
(Ini di tempat cagar wisata Kalsel, yakni Candi Agung Amuntai HSU)



"Arief Rahman Heriansyah"
(ini saat aku berumur 17 tahun, setelah mengikuti even lomba Pramuka di sekolah luar)

"Arief Rahman Heriansyah"
(Nah... jangan keburu tertawa dulu, kenapa muka saya hancur begini karena ini pas moment
Peringatan Hari Teater se-Dunia yang ke 50, hehehe...)


"Arief Rahman Heriansyah"
(Waktu itu aku saya juga berumur 17 tahun, foto ini diambil di muka gedung DPRD Kota Banjarbaru, 
sesaat sebelum pelepasan peserta POSPENAS V Kota Banjarbaru) 
 

"Arief Rahman Heriansyah"
(di depan Student Center kampus saya, IAIN Antasari Banjarmasin)

"Arief Rahman Heriansyah"
(Smile handsome, kata saya, hohoho :p)


"Arief Rahman Heriansyah"
(Ini juga di Student Center kampus saya)


"Arief Rahman Heriansyah"
(Sepertinya waktu akan berlalu cepat, moment yang sulit dilupakan
Musium Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kal-Sel)

"Arief Rahman Heriansyah"
(Impian ini sempat terlintas: pengen jadi Nanang Banjar 2012, hoho..)


"Arief Rahman Heriansyah"
(Santai coOy,,,, di Aula SC)


KENANGAN BERSAMA BERLALU BEGITU SAJA.....



  


















5 komentar:

Qori Menulis mengatakan...

selamat datang dikampus ijo...
semoga betah...

sayang, kenapa gak ambil filsafat aja sekalian, itu juga belajar psikologi...

udah kenal sama Sigmund Freud, Karl Marx sama Nietsze?

Deni Arisandi mengatakan...

Handk nang lebih parah.. umpat Menwa.. (resimen mahasiswa).

Mahasiswa memang harus banyak kegiatan, terutama organisasi.. organisasi yang akan membangun individu dan menjadikan seorang mahasiswa berbeda dengan yang lainnya.

Sehingga apapun jurusan kuliyahnya, tetap PEDE berpendapat +berbicara, dikumpulan orang2 beda jurusan (misalnya hukum, politik, tata negara, dsb). Bahkan bisa jadi lebih baik dari mereka..

Efek organisasi akan sangat terasa, ketika sudah terjun dimasyarakat, orang yang aktif berorganisasi selalu siap dijadikan apapun... dan menajdikan apapun...

:D :D :D

Fachryan Izanagi mengatakan...

"walaupun kulitku yang dulunya putih mulus menjadi agak gelap karena terlalu sering kena sinar matahari (dijemur)"......

hmmm...
di kitra panitia ngga kut gelap apa kulitnya,,,!!!
huhuhu

eMSyarief mengatakan...

Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu

Andrea Hirata -Laskar Pelangi-

Toko Herbal Online mengatakan...

Salam Sehat Alami...