Jumat, 08 Oktober 2010

Saya Semakin Cinta Dengan Budaya Banjar (Kalimantan Selatan)

        Waktu technical meting lomba cipta puisi di Surabaya lalu saya dipesani oleh official,katanya kalau waktu lomba besok kamu harus memakai baju sasirangan,punya kada? kata beliau.Untungnya saya memang menyiapkan duluan waktu masih di asrama baju sasirangan ini,karna saya suka sekali dengan warnanya dan betul-betul asli dari daerah sendi yaitu Kalimantan Selatan.Singkat cerita waktu keeokan harinya ketika mau berangkat lomba di Sidoarjo,ketiga rekan sesama lomba datang.Alangkah terkejutnya saya disitu kar'na mereka juga memakai baju ssirangan.Haha...bathin saya bergidik kagum saat itu.Lengkap dech! Dan pas lombanya dimulai,sorang ibu-ibu official dari Sumatra Utara menghampiri saya dan berucap: "Adik dari Kalsel ya?" saya sedikit kaget. "Darimana Ibu tahu kalau saya dari Kalsel?" tukas saya. "Khan baju kamu itu namanya sasirangan.." Nah,dari situ saya berpikir bahwa kain sasirangan bukan hanya dikenal di Kalsel saja,tapi seluruh Indonesia pun pasti kenal dengan kain dari khas Kalsel ini.

        Akan tetapi kekaguman saya tidak sampai disitu saja. Dan saya baru nyadar akhir-akhir ini, bahwa semua pelajar di Kalsel hari Kamis juga memakai kain batik sasirangan,sungguh saya sangat senang melihatnya (walaupun di pesantren saya tidak memakai baju sasirangan saat pelajaran)


 Nich...saya lagi makai baju Sasirangan, gimana oke khan? Hehee....

Nahalau ini waktu saya memakai pakaian adat Nanang Banjar.

Selain kain sasirangan yang fenomenal juga budaya-budaya Kalsel lainnya juga banyak di kenal masyarakat luar seperti : Pasar Terapung ,soto banjar,tari baksa kembang,candi agung,dan masih banyak juga lainnya.



Pasar terapung Kalimantan Selatan

 Soto Banjar memang enaaakk!! Mie Indomienya juga harus dicoba tuh...

Tarian Radap Rahayu di gedung Walikota Banjarbaru Kalsel

Buku Gumam Asa yg ke-4

( I Love Budaya Banjar!! )

Martapura,
8 0ktober 2010

18 komentar:

Arief Rahman Heriansyah mengatakan...

Budaya banjar memang siip dech!!

TUKANG CoLoNG mengatakan...

saya cinta seluruh Indonesia. tapi aku pengen deh ke pasar apung, makan cemilan, dan memakai pakaian khas yg kamu kenakan itu..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

sotobanjar, aku sukaaa

nurhayadi mengatakan...

Pasar apung itu begitu terkenal ya mas

Ipah mengatakan...

waaaah keren yaa msih ada anak muda yg bangga dgn budaya di daerahnya! harus diteladani nih :D

Zian mengatakan...

inggih.... inggih....

attayaya mobil keluarga ideal mengatakan...

mari lestarikan budaya setempat
aku pengen banget lihat pasar terapung

kalo aku kesana
toolong anterin ya

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

siapa lagi yang akan melestarikan budaya kalau tidak diri kita sendiri

Edelweis mengatakan...

Cerita yg sama, waktu guru Sos mendampingi siswa(i) SMA Study Tour di luar Kalimantan. Org di sana langsung tahu, sbb mmkai baju sasirangan. :)
Sasirangan biru, salah 1 seragam wajib di SMA dulu..haha,

nia mengatakan...

aku juga suka sasirangan .. hidup sasirangan..!!

Fery79 mengatakan...

Mantap... cintailah produk negeri sendiri

suhadinet mengatakan...

Setuju, setiap urang banjar harus cinta budaya banjar.
Blog yang bagus.
Bakat menulismu luar biasa.

Qori Reader mengatakan...

kenapa komen diatas tuh kada jelas semua...

ckckck...ngejar kunjungan balik doang...

emangnya apa yang sudah loe lakuin sama budaya loe sendiri..

gue yakin loe lebih tertarik dengerin lagu pop ketimbang daerah sendiri...

gue yakin loe lebih tertarik sama modern dancer ketimbang tari tradisional daerah loe sendiri..

dan gue yakin loe lebih tertarik baca literatur modern ketimbang literatur tradisional loe sendiri...


salam ..

http://qorimenulis.blogspot.com

Mega mengatakan...

keren acaranya ya

baburinix! mengatakan...

wah mantap tuh sasirangannya, hehehe....
dulu aku sempat menjelujur per tiga meter cuma 3000 perak..hehehehe...

brock94 mengatakan...

teruskan budaya bamjar

brock94 mengatakan...

teruskan budaya bamjar

Ilham Kudo mengatakan...

Mantap, Thay!
Unda minta gambar soto banjarnya.
Gasan nda tampaikan ke kawan nda yang lamongan tu. Bore banar orangnya, soto lamaongan soto paling nyaman di dunia jar.