Jumat, 16 Juli 2010

POSPENAS V Tingkat Nasional Tak Terlupakan!!!

"Waktu Aku Mengikuti Pekan Olahraga dn Seni Antar Pesantren"
Tingkat Nasional (POSPENAS)"*~di Surabaya 5-11 Juli 2010 ~*

Pertama kali menginjakkan kaki di tanah Surabaya,hatiku masih bergidik....seakan belum percaya waah aku sekarang berada di Surabaya! Biasa,anak pesantren yang tak pernah satu kali pun ke tanah Jawa ini memang super udik! Untungnya aku dapat menyembunyikan perasaan itu.Padahal bangganya minta ampun udah dapat kesana pulang pergi secara gratis,he..he..namanya juga membawa nama Kalimantan selatan,jadinya aku harus bersungguh-sungguh berjuang melawan 32 Provinsi disaat lomba nantinya.
 Waktu pertama kali di bandara Internasional Juanda,Surabaya 
(masih belum percaya)
 Kontingen Kalimantan selatan yang penuh semangat,,,

Aku mengikuti lomba seni cabang Cipta Puisi pada ajang kali ini.Ternyata jurinya adalah Bpk.Ahmadun Yosi Herpanda.Beliau pengasuh koran nasional Republika.Gila! Aku ngefans sama beliau,coz aku sering baca tulisan beliau di beberapa majalah.(tuh khan udik lagi...)
 Padahal aku tak mau,tapi di suruh Official terpaksa...
aku jadi model pakaian adat waktu pembukaan POSPENAS V
 Untungnya selalu diperhatikan para Official dan Pembimbing 
agar make'up nya ndak luntur,hohoho
Selalu difoto orang banyak dan wartawan yang berjeret
(terasa seperti artis sehari)

Waktu pas lomba berjalan lancar,ya..walaupun aku tegang karena yang dihadapi adalah pesaing hebat-hebat dari seluruh Indonesia.apalagi peserta dari pulau jawa yang memang menjadi pesaing berat.Tapi aku dapat membuktikan bahwa aku juga bisa.Dan alhamdulillah...Aku meraih peringkat ketiga.Nich dibawah ini aku kasih lihat puisi yang aku ciptakan pada saat lomba,cermati dan resapi yaa! Hee.he..

"Pemenang III Lomba Cipta Puisi Putra (POSPENAS V) Tingkat Nasional"
“AKU”
Adaptasi surah Arrahman ayat 12
Oleh:ARIF RAHMAN (Kalimantan Selatan)
 
Ingin kupatahkan tonggak lentera kehidupan
Yang menghalangi tekad dan langkahku
kadang senyum mereka membuatku menangis
Tak ayal,membuat hatiku semakin terkikis
Karena aku tak bisa sehebat angin
Yang menyapu badai dikala senja
Dan aku tak bisa sedahsyat hujan
Yang membasahi tanah gersang milik-Nya

Kawan,adakah lagi kesempatan untuk melihat matahari?
Walaupun diriku rapuh diterjang gelombang sunyi
Tapi aku akan berlari,bangkit dari mimpi!
Angkasa mendukungku dan dunia membiaskan auranya
Sampai menembus dinding fatamorgana

Engkau maha pencipta
Yang telah membawa diriku ke dunia ini
Bimbinglah dan tuntun jiwaku ke jalan ridha-Mu
Dan pegang janjiku…
Kalau aku tak ingin berlarut-larut dalam euforia
Dan buktikanlah,akan kuukir namaku pada dunia
Do’a dari hujan mengungkapkan segalanya
Bahwa jiwa semangat selalu terpatri dalam ragaku
O lihatlah…lihatlah senyum merpati itu
Dia tahu kalau aku sudah berusaha untuk mampu
Dan air telaga kautsar takkan pernah surut

Disini kurangkai prasasti
Dari sejuta sesal namun terhapus oleh kabut senja
Dan malam akan memperlihatkan kekuasaan-Nya
Dibalik tirai malam
Semua alam bertasbih menghapus segala nelangsa
Ditengah malam gemuruh air mataku jatuh perlahan
Mengalir membelah dua sisi hati yang terdalam
Betapa banyak karunia-Nya yang telah aku sia-siakan
Aku sudah terlunglai dalam dek apan kasih-Nya
Karena kasih sayang pada hamba-Nya
Takkan pernah surut
“Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?”
Aku tau Tuhan…
Engkau mencintaiku penuh

Sidoarjo,JATIM
Selasa 6 Juli 2010

HASIL LOMBA CIPTA PUISI  PUTRA (POSPENAS) TINGKAT NASIONAL:
JUARA I : JAWA TIMUR                                           JUARA HARAPAN I : JAWA BARAT
JUARA II : DKI YOGYAKARTA                        JUARA HARAPAN II : SUMATERA UTARA
JUARA III : KALIMANTAN SELATAN                   JUARA HARAPAN III : JAWA TENGAH

  Tak terasa sudah satu Minggu aku berada di Jawa Timur,dan sekarang aku harus kembali lagi ke Kal-Sel.Banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang aku dapatkan.Semoga ini menjadi awal agar aku semakin gigih mengejar cita-citaku untuk menjadi Sastrawan yang handal.

UCAPAN TERIMA KASIH:
*Ayah,Ibu,Keluagaku,serta orang-orang yang selalu mendukungku.Thanks!! Aku akan membuktikan bahwa aku bisa!

Yang Kutau Aku Rindu:

*Bpk.Drs.H.Syamsuddin (saya sangat berterima kasih kepada Bapak.ma'afkan jika selama arief menjadi anak didik pian arief ada berbuat salah dan selalu menyusahkan Bapak.Arief sangat sayang kepada bapak.Kar'na Bapak sudah arief anggap sebagai anak Ayah ulun sendiri.Arief harap kita dapat bertemu kembali,entah itu kapan...)
*Seluruh Official,pembina,pelatih dari Kementrian Agama Kalimantan Selatan (Saya tau kalau kalian abegitu gigih membina dan mendidik kami,agar kami berhasil dan dapat mengharumkan nama Kal-Sel.Thanks atas semuanya!)

*Seluruh teman-teman baruku kontingen Kalimantan Selatan.
 -Anak-anak senam Darul Hijrah (yang selalu ceria dalam setiap moment walaupun kalian kalah,namun semangat kalian tak pernah pupus)
-Anak-anak seni (Kalian hebat! Selama berteman dengan kalian banyak sekali pelajaran yang aku dapatkan dari cara kalian berpikir.Ah,andai kita dapat bertemu kembali...Syukran atas pertemanan yang kita jalani selama ini.)
-Anak-anak atlet (kalian yang selalu periang kadang membuatku selalu tertawa.Andai waktu dapat diulang kembali ya?)
-Kakak-kakak rebbana (Walaupun kalian selalu dicap anak2 atlet sombong,tapi aku tau...kalau kalian sebenarnya supel dan baik hati ^_^ Kapan-kapan aku mau denger musik qasidah kalian lagi ya!)
*Teman-teman baruku dari Sabang sampai Merauke (Ya...Walaupun cuma 1 Minggu Kita bertemu,tapi itu takkan mampu memutuskan tali pertemanan kita.Kita sudah ditakdirkan bertemu disini.Karena kita tidak memandang suku,bahasa,atau pun warna kulit.Tapi kita adalah satu Bangsa dan Negara!
Foto bersama sama penganten adat PAPUa,tapi ko' mukanya putih ya? hehee...

Jujur,sampai sekarang aku masih merasakan suasana POSPENAS...Aku kangen dengan semua teman-teman baruku.Aku tau waktu tidak dapat diulang kembali,tapi kenangan itu tetap membekas dan takkan pernah hilang...

Amuntai,17 Juli 2010
Oleh:Arief Rachman Heriansyah

34 komentar:

Qori Reader mengatakan...

bah....limbah ngini ikam umpat mana pulang???

mun kada rami kisahnya aku koler mandangar...

mana janji ikam handak bagi royalti lawan aku....?

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

@kk Qori: Imbah ngini Ulun hndak k'Bali pulang,hahaha...

Enggeh...enggeh...Kaina ulun traktir Pian d'Kafe bla tatamu d'Banjarmasin,hehe....

nasrudin ansori mengatakan...

arif,, seneng banget rasanya sekaligus bangga blogger kalsel sekaligus anak pondok nya bisa juara 3 di tingkat nasional..aku doakan semoga kamu bisa menjadi sastrawan hebat tingkat nasional...tak ada yg tak mungkin kawan..

jangan berhenti berkarya...

bayuputra mengatakan...

wah arief memang hebat ... bangganya saya ketika melihat ada anak bangsa yang sangat berprestasi seperi arief ... tetap semangat untuk terus maju kedepan ....

arief hidayat mengatakan...

salut, bangga, haru, dan termotivasi.
puisinya bagus banget, paragraf kedua yg saya suka, truskan mimpi dan cita2mu rief.

M Mursyid PW mengatakan...

Pengalaman sangat sangat menarik, Mas! Sayapun pernah memperoleh pengalaman semenarik ini tahun 2006 yang lalu pada acara Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran Tk. Nasional di Jakarta.
Terus semangat, Mas. Bangsa dan Negara kita membutuhkan generasi seperti Arief.

attayaya mengatakan...

yihaaaaaaaaaaa kalsel menang
mantap bro
ayo semangat

binaural beats mengatakan...

semoga sukses selalu kawan

Zian mengatakan...

mantab... syitu lah

bundarie mengatakan...

kerenn...
salut.. bunda ..
2 jempol dech...
tetap semangat yaaaa

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

@ Thanks tas ucapan dukungan semuanyaaa...!!!!

Tanpa dukungan dari kalian gimana akua ada??

Aku pun slalu ada untuk kalian berkat do'a dan dukungan kalian semua juga....

Thanks for yuo All...

Edelweis mengatakan...

Wah...kelihatannya bahagia sekalee..hehe,
Kapan ya aku bisa ke Sby jg??? haha*ngarep*
Btw, jd artis sehari atau jadi pengantin sehari (brfotonya disandingkan dg wanita itu terus??!!wkwkwk*just kidd*

Agung Aritanto mengatakan...

weees ithay eh pina sukses banar nah

adedosol mengatakan...

Selamat mas, ini yg dicari, generasi muda berprestasi, salut

Akang Romly mengatakan...

Aduh senengnya ya...ikutan lomba membuktikan bahwa kita bisa buat prestasi

cappucappulove mengatakan...

ehhh...

cappucappulove mengatakan...

ehhh...

cappucappulove mengatakan...

yeah, tuh jd pnglaman yg nggak akan terlupakan...

cappucappulove mengatakan...

yeah, tuh jd pnglaman yg nggak akan terlupakan...

ocy mengatakan...

kuunjungan perdana kawan,,,

salam kenal;

ubay mengatakan...

assalamu'alaikum rahman...

gmn kabarmu setelah pulang dari POSPENAS kmren..ingat saya tidak kao..saya ubay cipta puisi dari DIY yg kenalan sama kamu waktu penutupan di GOR kertajaya..bisa tolong kirimkan puoisi mu yg judulnya "AKU" ke e-mailku (ubay.iid@gmail.com). nanti saya kirim juga puisi saya..kita bandingkan puisi yg mendapat medali perak dan medali perunggu..


kurang lebihnya mohon maaf yah...

wassalam

ubay mengatakan...

heyyy..

Djoko Sableng mengatakan...

Dik Arief Memang Ruaar buasa.
Semangat terus utk berkarya

m4hr4n1 mengatakan...

banjir komment lh hahaah mantap pang syitu ..............

JoO mengatakan...

Wah hebad...
itu pasti membanggakan...
keren sob... terus semangat..

JoO mengatakan...

Wah hebad...
itu pasti membanggakan...
keren sob... terus semangat..

JoO mengatakan...

Wah hebad...
itu pasti membanggakan...
keren sob... terus semangat..

rezKY p-RA-tama mengatakan...

keren kamu broooo
salut2

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

Thanks atas semuanya...

yang mau koment lagi...DIPERSILAHKAN!

Saya sangat senang krana banyak kritikan..

fahrizal mengatakan...

aq ja nah yang hanyar jago kandang ... kapan yo lah bisa sehebat qm .... uhuhu

baburinix! mengatakan...

ini dia sastrawan handal banua....hehehehe...

izin copas puisinya buat catatan fb saya....ya

brock94 mengatakan...

ah...cpa tuch baju kuning,,,,???

nurhayadi mengatakan...

asik kelihatannya ya

shafrida mengatakan...

semoga saya juga bisa mewakili kalsel di tingkat nasional. ralat dikit, tulisan Yogyakarta bukan DKI Yogyakarta tapi DIY Yogyakarta